Jumat, 13 Juli 2007

Minggu Ke-6 Sesudah Pentakosta
Sesudah Pentakosta Minggu Pentakosta dirayakan selama 26 Minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang. Ada yang menyatakan bahwa sesudah minggu Trinitatis sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan Tuhan di dalam perjuangan hidup Gereja, Allah selalu beserta dengan Gereja-Nya (Allah beserta kita) itulah perayaan yang besar dan yang penuh puji-pujian dan syukur.

Arti
Pada mulanya dalam sejarah Gereja, perahu merupakan simbol dari Gereja. Ide ini menjadi berarti bagi orang Kristen mula-mula yang mengalami penganiayaan dan pergumulan, ketika mereka mengetahu bahwa akan ada pertolongan dari Tuhan.
Hal ini nyata lewat perpaduan antara perahu dan pelangi. Di sini janji Allah tentang pertolongan-Nya itu mendapat penekanan yang kuat. Pelangi melambangkan kesetiaan Allah atas janji-Nya untuk memelihara bumi, dalam hal ini Gereja.
Burung merpati dengan ranting zaitun di paruhnya mengungkapkan tentang janji keselamatan dan kehidupan dari Allah (band. Kel. 8:10-11) yang akan terus menyertai sampai ke tempat tujuan. Jadi sekalipun Gereja mengalami berbagai ancaman goncangan dan cobaan, Gereja akan tetap hidup di dalam dan oleh janji Allah tersebut.

Tidak ada komentar:

Mengenai Saya